daftar biaya visa ke luar negeri

Saya baru melihat salah satu HT di kaskus.co.id
dan saya rasa thread ini sangat bagus dan berguna jika bisa lebih disebarluakan terutama bagi Anda yang gemar traveling.

VISA adalah dokumen yang harus dimiliki seorang wisatawan untuk masuk ke suatu negara. 

Sebagai warga Indonesia, banyak negara di dunia yang mengharuskan wisatawan kita menggunakan visa sebagai tanda masuknya.BILA mengunjungi negara-negara ASEAN, pemegang paspor Indonesia tak perlu membayar visa. 

Sayangnya, masih banyak negara yang mengharuskan Anda memiliki visa. 
Berikut adalah beberapa di antaranya, sekaligus dengan harga visa tersebut untuk warga Indonesia

Australia


Untuk melakukan pengajuan visa ke Australia, Anda harus menyiapkan biaya sebesar Rp1,757 juta untuk visa turis. Proses pengajuan visanya biasanya 15 hari, tergantung dari pihak kedutaan. 

Jepang


Untuk mengurus visa Jepang, paspor Anda harus setidaknya berlaku minimal tujuh bulan dari tanggal keberangkatan. Dengan biaya Rp435 ribu, bila lolos visa Anda akan keluar dalam waktu 5-7 hari.

Taiwan

Biaya pengajuan visa di Taiwan berbeda-beda, tergantung apakah Anda ingin mengajukan visa single atau multiple entry. Untuk visa single entry alias sekali masuk, biayanya Rp630-900 ribu. Sementara untuk visa multiple entry, biayanya Rp1,745-1,18 juta. Proses visa 2-4 hari, tergantung kedutaan.

China


Sama dengan Taiwan, biaya pengurusan visa China tergantung apakah Anda ingin mengajukan visa single, double, atau multiple. Untuk single mulai dari Rp575ribu-Rp1,16 juta. Untuk double, Rp735ribu-Rp1,310 juta. Sedangkan untuk visa multiple adalah Rp900 ribu untuk visa multiple enam bulan dan Rp1,2 juta untuk multiple setahun.

Korea Selatan


Perlu diingat, bagi Anda yang bepergian sendiri ke Korea, harus ada surat izin dari orangtua atau istri yang bepergian sendiri, harus ada surat izin dari suami. Biaya visanya adalah Rp560 ribu dan diproses selama 7-10 hari

Afrika Selatan


Biaya visa Afrika Selatan adalah Rp750 ribu dan diproses selama tujuh hari, tergantung kedutaan

Rusia


Untuk mengajukan visa Rusia, selain syarat-syarat visa biasa Anda juga harus melampirkan surat konfirmasi dari hotel atau agensi Rusia, dan harus menggunakan bahasa Rusia. Biayanya adalah USD105 atau sekira Rp1,2 juta dengan proses yang cukup lama, yaitu 14-20 hari kerja.

Inggris


Untuk mengurus aplikasi visa Inggris harus berdasarkan undangan yang bisa didapat setelah mendaftar di situs resminya, setelah dapat undangan dan datang menyerahkan berkas kemudian baru diproses setelah tiga pekan berkas Anda diterima kedutaan. Harga visa Inggris adalah Rp1,925 juta dan berlaku 6 bulan untuk multiple entry. Anda juga bisa mengurus visa kilat, hanya 7-10 hari prosesnya dengan harga Rp2 juta, namun hanya diperbolehkan untuk tujuan bisnis serta memiliki sejarah paspor yang bagus (ada visa Australia, Eropa, Selandia Baru, USA, atau Kanada).

Kanada


Biaya visa Kanada adalah Rp1,510 juta dengan proses 10-15 hari. Persyaratan formulir visanya cukup pelik dan harus diunduh dari situs kedutaan resmi.

India


Bila Anda datang untuk tujuan bisnis, maka harus menyertakan undangan saat memproses visa ke India. Harga visa bisnis adalah Rp1,650 juta sedangkan visa turis sebesar Rp675 ribu. Prosesnya memakan waktu sepekan, tergantung lama dari kedutaan.

Uni Emirat Arab-Dubai


Bahkan bila Anda hanya berada di Dubai selama empat hari, Anda tetap butuh visa. Harga visa untuk 96 jam atau empat hari adalah Rp893 ribu, sementara untuk satu bulan Rp1,055 juta dan tiga bulan Rp4,125 juta dengan proses visa 10 hari.

Schengen
Untuk mengajukan visa Schengen agar dapat masuk ke negara-negara Eropa, Anda harus memiliki asuransi perjalanan serta bukti tabungan senilai Rp50 juta. BIaya visanya sendiri adalah Rp1,030 juta-Rp1,6 juta untuk multiple entry, dengan proses 7-15 hari.

Serbia
Serbia bekas yugoslavia visa 1.2 juta/org dan harus Αϑα surat rekomendasi, keterangan menginap dimana, dan dana yang dibawa berapa. Untuk lama pengurusan sekitar 7-10 hari kerja. Dan itu harus download form-nya di web kedutaan serbia. Pengiriman kembali juga via email. 

Italia



visa ke italia untuk jangka pendek (turis atau kunjungan singkat) Rp. 927.000,-
untuk jangka panjang misalnya bisnis atau sekolah Rp. 1.792.000,-
Selain biaya Visa, dikenakan biaya logistik/pelayanan sebesar Rp. 230.000,-. Biaya Logistik hanya diterima dalam bentuk tunai. Biaya ini dikenakan per orang termasuk anak yang menempel di passport orang tua. Setiap pembayaran ini akan diberikan tanda terima resmi. Pemohon Visa dapat memakai jasa kurir untuk pengiriman paspor dan dokumen lainnya ke alamat rumah yang diinginkan. Pelayanan ini bisa Anda dapatkan dengan biaya tambahan.



Sekedar tambahan info, untuk pengurusan visa tidak hanya mahal saja biayanya tetapi rumit juga persyaratannya...

Selain tourist visa ke China (yg masi tergolong mudah), masih banyak dokumen yang harus disiapkan untuk masuk ke negara lain (kecuali asean, ke Myanmar juga butuh visa lohh)

contoh persyaratannya :



1) Melampirkan surat sponsor dari tempat bekerja (surat jaminan pulang ke Indonesia)
2) Bukti transaksi keuangan 3 bulan terakhir beserta bukti nasabah bank
3) Invitation letter dari partner/keluarga yg akan dikunjungi, alamat tempat tinggal, FC paspor (IC), dan contact person.
4) Jadwal perjalanan (itinerary) wilayah mana saja yang akan dikunjungi
5) Pas poto uk. 4x6 background putih (subject to change)
6) kalau berlibur menggunakan jasa travel agent harus melampirkan Sponsor Letter, return air ticket, name of hotel (accomodation) dari agent tersebut
7) Foto copy KTP & KK
8) Kalau pergi bersama anak2 harus melampirkan FC akta lahir dan surat nikah
9) Kalau anaknya pelajar melampirkan FC kartu pelajar
10) Paspor asli yang masih berlaku (minimal 6 - 12 bulan sebelum expire)
Nb : untuk apply schengen visa tidak perlu melampirkan paspor asli (hanya Copy-an aja) sebab paspor asli dibawa pada saat interview.



0 komentar:

Post a Comment